Malang 4 You

Just for Arek Arema Malang

Siap Masuk SMP di Malang (PSB-SMP) 2010


PSB Online SMP 2010 Kota Malang

Bagi orang tua, arek-arek Malang (khususnya), yang punya anak di Sekolah Dasar kelas 6 di kota Malang, ujian SD sebentar lagi sudah mulai. Rasanya waktu berjalan sangat cepat sekali. Seolah waktu baru saja lewat ketika kita mendaftarkan anak2 kita masuk SD, dan tahu-tahu kita sudah harus bersiap untuk ujian akhir/ujian nasional atau apapun namanya, dan menyusul mendaftarkan ke jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama / SMP.

Sebagai contoh 1, tahun 2009 kemarin seorang anak SD di Malang lulus dengan nilai Ujian (UASBN): Matematika 10 (sempurna), IPA 9, dan Bhs Indonesia 8,6. Orang tuanya senang sekali, dan tentunya si anak sendiri. Segera dibayangkan anak itu bisa masuk SMP “favorit” (SMP 5, SMP 3, atau SMP 1), kenyataannya .. tidak diterima, jadi apa yang salah?…

Hasil Seleksi SMP 2009 di Malang

Sebenarnya awal dari persoalan ini adalah keterbatasan daya tampung sekolah, ditambah lagi dengan minat terhadap sekolah tertentu yang berbeda-beda, sehingga pilihan sekolah terkelompok-kelompok secara “subyektif” . Namun dengan diselenggarakannya PSB Online, proses pendaftaran bisa lebih transparan dan termonitor, sehingga pilihan sekolah bisa segera diantisipasi atau dikoreksi, agar anak bisa masuk sekolah sesuai keinginannya.

Sebagaimana kita ketahui pendaftaran siswa baru (PSB)saat ini dilaksanakan melalui:

1. PSB Jalur Online, serta ditambah:

2. PSB Jalur Mandiri (tes), untuk SMP Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Sekolah RSBI yaitu SMP Negeri 1, SMP Negeri 3 dan SMP Negeri 5 Malang, (terakhir SMP Negeri 8 ada 1 kelas) melaksanakan tes dengan materi:

1. Psikotes yang meliputi: Minat, bakat, kepribadian, dan IQ

2. Test Akademik (Matematika, IPA,dan Bhs.Inggris, serta Praktek Teknologi Informatika)

3. Wawancara orang tua dan siswa

4. Non akademik yang dibuktikan dengan melampirkan foto copy sertifikat tingkat Internasional, Nasional, dan Regional

Sebagian besar siswa baru diterima melalui jalur online, itupun kapasitasnya telah “dikurangi” dengan pesaing dari luar kota hingga maksimum 10% dari kapasitas, Untuk SMP Favorit (best three) kapasitasnya dikurangi lagi dengan jalur mandiri/tes. SMP 5 misalnya pada tahun 2009 menyediakan 4 kelas untuk jalur mandiri.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan, pertama kita harus punya data statistik PSB tahun sebelumnya. Data ini bermanfaat untuk mendapatkan gambaran/situasi dari persaingan menghadapi ujian akhir SD untuk akhirnya memperoleh nilai ujian yang akan menentukan apakah siswa bisa diterima masuk ke SMP pilihannya.

Data statistik PSB tahun 2010 ini tentunya tergantung dari hasil Ujian Akhir SD yang belum dimulai. Tetapi dengan melihat Data Statistik PSB tahun sebelumnya (2009) kita bisa menentukan pilihan sekolah dan prioritasnya yang “realistis” sehingga tidak dirugikan karena pilihan kita sendiri. Sebagaimana kita kitahui apabila banyak siswa dengan nilai ujian yang sama memilih satu sekolah yang sama, maka sekolah tersebut memprioritaskan siswa yang memilih pada pilihan pertama. Selanjutnya apabila pilihan pertama sudah bisa ditampung semua barulah diambil siswa yang memilih pada pilihan kedua dan seterusnya.

Contoh 2: pada penerimaan siswa baru SMP 5 tahun 2009 yang menerima 190 siswa (Online): pada urutan 161 s/d 186 (26 siswa) yang diterima mempunyai nilai ujian yang sama (rata2) 9,267 dengan pilihan pertama di urutan atas dan pilihan ketiga di urutan paling bawah. Selanjutnya urutan 187 s/d 190 adalah siswa dengan dengan nilai uian 9,25 dan pilihan pertama. Jadimisalnya seseorang siswa dengan nilai 9,25 pilihan pertama SMP 3 kemudian pilihan kedua SMP 5, tdk diterima di SMP 3 maupunSMP 5. Tetapi apabila pilihan pertamanya SMP 5 ia akan diterima di SMP 5.

Jadi data statistik yang perlu kita ketahui adalah data hasil seleksi tahun sebelumnya (2009): nilai yang diterima dan daya tampung masing-masing sekolah, serta data sebaran Nilai Ujian tahun 2009. Kemudian apabila ujian SD tahun 2010 sudah diketahui hasilnya, segera mencari tahu data sebaran nilai ujian untuk tahun 2010, dan dilanjutkan mencari info daya tampung SMP-SMP di kota Malang, dan kemudian kita bandingkan hasilnya dengan tahun 2009.

Apabila sebaran nilai tahun 2010 l.k. sama serta daya tampung yang tidak banyak berbeda, maka bisa segera kita petakan hasil ujian anak kita, apakah bisa diterima di sekolah pilihan kita. Apabila sebaran nilai tahun 2010 cukup berbeda, maka dicari nilai ujian anak kita setara dengan nilai berapa pada tahun 2009, dan bisa kita prediksi kemampuan anak untuk masuk smp pilihan kita.

Kembali pada contoh pertama di atas, kebetulan anak didik saya, jika melihat hasil seleksi tahun 2008, nilai ujian 27,6 atau rata2 9,20 bisa diterima di semua SMP favorit! Kemudian setelah mendapat data sebaran hasil ujian untuk kota Malang tahun 2009, akhirnya saya simpulkan tidak bisa diterima di SMP favorit. Kemudian anak menentukan pilihan pertama SMP 5, pilihan kedua SMP 8 … dan memang akhirnya anak tersebut masuk SMP 8.

Pada tulisan ini saya sertakan grafik yang saya buat berdasar data resmi dari Dinas Pendidikan, yang bisa dicetak, ditempel, agar anak didik setiap saat tahu dan menetapkan targetnya. Belajar menghadapi ujian dengan target nilai yang dikejar dan diperkirakan mampu, serta member motivasi dalam belajar. Karena hasil ujian dan sekolah SMP yang kita tuju tergantung pilihan kita. Selamat belajar.

5 Desember 2009 - Posted by | Malang Kota, Pendidikan | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: